Minggu, 15 Desember 2019

SILABUS MATA KULIAH ASWAJA 1






SILABUS MATA KULIAH

1.    Identitas Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah               : Aswaja I
Komponen                             : MKPK
Kode MK                              :
Jumlah SKS                          :  2
Semester                                :  I
Program Studi                      :  Pendidikan Agama Islam/ PAI
Jenjang                                 :  S1
Status Mata Kuliah               :  Lanjut/wajib
MK Prasyarat                      :  ----


2.    TUJUAN

Mahasiswa mengetahui dan memahami ahlussunnah waljamaah dan ajaran-ajaran serta pengaruhnya terhadap kehidupan sosial keagamaan

3.    Deskripsi Isi

Perkuliahan ini merupakan studi mengenenai ahlussunnah waljamaah dalam berbagai aspek kehidupan..  Kuliah ini memberikan dasar-dasar untuk memahami Ahlussunnah wal jamaah, terutama mengenai karakteristik dan amaliyah Ahlussunnah Wal jamaah dan menawarkan kepada mahasiswa untuk memahami dan mendalami esensi agama Islam dengan cara menganalisis isi buku-buku dan juga menggunakan penalaran serta pengalaman empiris dalam melaksanakan perintah Allah dan menghambakan kepada Allah yang dihubungkan dengan kegiatan nyata dalam sehari-hari dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.


4.    Topik Inti
1.    Konsep Dasar Ahlussunnah waljamaah
a.    Pengertian
b.    Sejarah pertumbuhan Aswaja
c.    Sumber dasar Ajaran Aswaja
d.    Prinsip-prinsip ajaran aswaja
2.    Ajaran Ahlussunnah waljamaah
a.                          Aqidah
-          Rukun Iman
b.    Ibadah
-          Rukun Islam
c.    Akhlaq
d.    Sosial Kemasyarakatn
e.    Konsep Dasar Ahlussunnah waljamaah
3.    Ahlussunah waljamaah dan firqohnya-firqoh lainnya
4.    Khilafiah dalam Islam
5.    Perkembangan Aswaj di Indonesia






5.    Daftar Buku

Referensi :
Drs. KH.Syamsuddin Anwar, Pendidikan Ahlussunnah Wal jamaah, Th 2001
Mudzakir Ali, Drs.MA, 2009, Pengantar studi Islam, Semarang :  Wahid Hasyim University Press.
Abdul Mun’im. Aswaja: Dari Teologi sampai Ideologi Gerakan,Nasrun Rusli, Konsep Ijtihad al-Syaukani, jakarta: Logos. 1999
Abu Zahrah, Imam Muhammad, Tarikh al-Madzahib al-fiqhiyyah, (kairo: Mathba’ al Madani, t.th)
Asghar Ali Engineer, 2003, Islam dan Teologi Pembebasan, diterjemahakan dari Islam and Theology, Essays on leberative elements in Islam, Penterjemah: Agung Prihantoro, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
As-Saukani, 1978, Nail al Author, Terjemahan A.kadir hasan, Jilid I. Surabaya: Bina Ilmu
As-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, Dar al-Jail, Beirut, 1995
Budy Munawar Rahman, 2000, Islam Pluralis, Paramadina, Jakarta
Chairul Anam, Pertumbuhan dan Perkembangan NU, Surabaya: Bsisma Satu, 1999
Dale Cannon, 1996, Six Ways of Being Religious a  frame work for comparative studies of Religion, Wads worth publishing company, California
Danah and Lan Marshall, 2000, Spiritual Itelligence, the Ultimate Intelligence, Blomms Bury, London
Daud Ali, (et. all ),1996, Islam Untuk Disiplin Ilmu Hukum, Sosial, dan Politik, Departemen Agama RI,  Jakarta
Harun Nasution, 1985, Islam ditinjau dari berbagai aspeknya Jilid I, Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta
Hasbi Ash-Shiddiqy, 1954, Kuliah Ibadah: ibadah ditinjau dari segi Hukum dan Hikmah, Jakarta, Bulan Bintang
Ibnu hajar Asqalani, , Bulug al- Maram, bandung, Al-ma’arif
Muhammad Fu’ad ‘Abd al-Baqi’, al-Mu’jam al-Mufahras al-alfadz al-Qur’an al-Karim, Dar al-Fikr, Beirut, 1981
Munawair Sadzali, 1995, Kontekstualisasi Ajaran Islam, IPHI kerjasama Paramadina, Jakarta
Prof. Dr. Chotibul Umam, Ahlussunnah Wal Jamaah: Paham dan Aktualisasinya, Jakarta: Sekretariat Jenderal PBNU, 1998
Sumartana, et.all, 1994, Spirituialitas baru: Agama dan Aspirasai Rakyat, Interfidei, Yogyakarta
Wahbah Zuhaili, Ushul al-fiqh al-Islami, Beirut: Dar al Fikr, 1986
Yahya Abu zakariya bin Syaraf An-Nawawy, 1978, Riyadh Al-Sholihin, (terj Salim Bahreisy) Bandung, Al-Ma’arif
Yusuf Qardhawi,1996, Membumikan Syari’at Islam, Tejemahan Muhammad Zaki dkk, Dunia Ilmu, Surabaya















SILABUS MATA KULIAH


  1. Identitas Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah        : ASWAJA II
Komponen                     : MKK
Kode MK                       : AIB 203
Jumlah SKS                   :  2
Semester                        :  II
Program Studi               :  Pendidikan Agama Islam/ PAI
Jenjang                          :  S1
Status Mata Kuliah       :  Lanjut/wajib
MK Prasyarat               :  Aswaja I


  1. DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan ini merupakan studi mengenenai ahlussunnah waljamaah dalam berbagai aspek kehidupan..  Kuliah ini memberikan dasar-dasar untuk memahami Ahlussunnah wal jamaah, terutama mengenai karakteristik dan amaliyah Ahlussunnah Wal jamaah dan menawarkan kepada mahasiswa untuk memahami dan mendalami esensi agama Islam dengan cara menganalisis isi buku-buku dan juga menggunakan penalaran serta pengalaman empiris dalam melaksanakan perintah Allah dan menghambakan kepada Allah yang dihubungkan dengan kegiatan nyata dalam sehari-hari dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mendalami esensi ajaran Aswaja secara benar berdasarkan prinsip-prinsip syari’ah Islam ala ahlussunnah waljamaah dan menerapkankannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pelaksanaan pembelajaran dalam perkuliahan  ini akan menggunakan model Student Center learning (SCL) atau mahasiswa sebagai pusat pembelajar dengan pendekatan sebagai berikut ; Small group discussion (diskusi kelompok) , Role play and simulation (simulasi), Case study, Discovery learning (mencari,mengumpulkan), Collaborative learning (belajar kelompok), Cooperative learning, Contextual instruction (ceramah), Project based learning (tugas makalah) dan Problem based learning (pemecahan masalah).

RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mendalami ajaran Aswaja secara benar berdasarkan prinsip-prinsip syari’ah Islam ala ahlussunnah waljamaah
Minggu Ke
Kemampuan akhir yang diharapkan
Bahan Kajian (Materi Ajar)
Bentuk Pembelajaran
Kriteria Penilaian (Indikator)
Bobot Nilai
1.
Mampu memahami Kontrak perkuliahan, pengantar teologi Islam 
Kontrak perkuliahan, pengantar Aswaja
Project based learning , Contextual instruction,  collaborative learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
2 %
2.
Mampu menjelaskan Pengertian dan sejarah ahus Sunah wal Jama’ah
Pengertian dan sejarah ahlus Sunah wal Jama’ah
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
2 %
3.
Mampu menjelaskan Ruang Lingkup Ahlus Sunah wal Jama’ah
Ruang Lingkup Ahlus Sunah wal Jama’ah
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
2 %
4.
Mampu menjelaskan Filsafat, teologi Aswaja
Filsafat, teologi Aswaja
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
2 %
5.
Mampu menjelaskan Fiqih Aswaja
Fiqih Aswaja
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
2 %
6.
Mampu menjelaskan Tasawuf, Akhlaq Aswaja
Tasawuf, Akhlaq Aswaja
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
2 %
7.
Mampu menjelaskan Karakteristik Ahlus Sunah wal Jama’ah: At-Tawasut, Tasamuh, Tawazun, I’tidal
Karakteristik Ahlus Sunah wal Jama’ah: At-Tawasut, Tasamuh, Tawazun, I’tidal
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
2 %
8.
Mampu menguasai materi
Ujian Tengah Semester
Test
menguasai
25 %
9.
Mampu menjelaskan Ijtihad dan Taqlid
Ijtihad dan Taqlid
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
2 %
10
Mampu menjelaskan Implementasi Paham Aswaja dalam berbagai bidang kehidupan
a. Bidang Ekonomi
b. Bidang Sosial dan Budaya
c.Bidang Pendidikan
d.Bidang Politik
Implementasi Paham Aswaja dalam berbagai bidang kehidupan
a. Bidang Ekonomi
b. Bidang Sosial dan Budaya
c.Bidang Pendidikan
d.Bidang Politik
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
3 %
11.
Mampu menjelaskan Mabadi khoira ummah Nahdlatul Ulama
Mabadi khoira ummah Nahdlatul Ulama
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
3 %
12.
Mampu menjelaskan Dinamika NU dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Dinamika NU dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Contextual instruction, Discovery learning
Kelengkapan dan kebenaran penjelasan, 
3 %
13.
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan Implementasi faham aswaja dalam keprodian
Implementasi faham aswaja dalam ke keprodian
Project based learning dan Problem based learning.

Kelengkapan dan kebenaran penjelasan,  tingkat komunikatif presentasi
15 %
14.
Mampu menguasai materi
Ujian Akhir Semester
Test
Menguasai
40 %





100 %


Tabel 1. Unsur Penilaian
Unsur-unsur
Prosentase (%)
Ujian Tengah Semester
25
Ujian Akhir Semester
40
Tugas (Take Home Assigment)
15
Aktivitas Diskusi
10
Kehadiran
10
Total
100










Referensi :
Drs. KH.Syamsuddin Anwar, Pendidikan Ahlussunnah Wal jamaah, Th 2001
Mudzakir Ali, Drs.MA, 2009, Pengantar studi Islam, Semarang :  Wahid Hasyim University Press.
Abdul Mun’im. Aswaja: Dari Teologi sampai Ideologi Gerakan,Nasrun Rusli, Konsep Ijtihad al-Syaukani, jakarta: Logos. 1999
Abu Zahrah, Imam Muhammad, Tarikh al-Madzahib al-fiqhiyyah, (kairo: Mathba’ al Madani, t.th)
Asghar Ali Engineer, 2003, Islam dan Teologi Pembebasan, diterjemahakan dari Islam and Theology, Essays on leberative elements in Islam, Penterjemah: Agung Prihantoro, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
As-Saukani, 1978, Nail al Author, Terjemahan A.kadir hasan, Jilid I. Surabaya: Bina Ilmu
As-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, Dar al-Jail, Beirut, 1995
Budy Munawar Rahman, 2000, Islam Pluralis, Paramadina, Jakarta
Chairul Anam, Pertumbuhan dan Perkembangan NU, Surabaya: Bsisma Satu, 1999
Dale Cannon, 1996, Six Ways of Being Religious a  frame work for comparative studies of Religion, Wads worth publishing company, California
Danah and Lan Marshall, 2000, Spiritual Itelligence, the Ultimate Intelligence, Blomms Bury, London
Daud Ali, (et. all ),1996, Islam Untuk Disiplin Ilmu Hukum, Sosial, dan Politik, Departemen Agama RI,  Jakarta
Harun Nasution, 1985, Islam ditinjau dari berbagai aspeknya Jilid I, Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta
Hasbi Ash-Shiddiqy, 1954, Kuliah Ibadah: ibadah ditinjau dari segi Hukum dan Hikmah, Jakarta, Bulan Bintang
Ibnu hajar Asqalani, , Bulug al- Maram, bandung, Al-ma’arif
Muhammad Fu’ad ‘Abd al-Baqi’, al-Mu’jam al-Mufahras al-alfadz al-Qur’an al-Karim, Dar al-Fikr, Beirut, 1981
Munawair Sadzali, 1995, Kontekstualisasi Ajaran Islam, IPHI kerjasama Paramadina, Jakarta
Prof. Dr. Chotibul Umam, Ahlussunnah Wal Jamaah: Paham dan Aktualisasinya, Jakarta: Sekretariat Jenderal PBNU, 1998
Sumartana, et.all, 1994, Spirituialitas baru: Agama dan Aspirasai Rakyat, Interfidei, Yogyakarta
Wahbah Zuhaili, Ushul al-fiqh al-Islami, Beirut: Dar al Fikr, 1986
Yahya Abu zakariya bin Syaraf An-Nawawy, 1978, Riyadh Al-Sholihin, (terj Salim Bahreisy) Bandung, Al-Ma’arif
Yusuf Qardhawi,1996, Membumikan Syari’at Islam, Tejemahan Muhammad Zaki dkk, Dunia Ilmu, Surabaya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar