SILABUS MATA
KULIAH
1.
Identitas
Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah
:
Aswaja I
Komponen :
MKPK
Kode
MK :
Jumlah SKS : 2
Semester : I
Program
Studi : Pendidikan Agama
Islam/ PAI
Jenjang : S1
Status Mata
Kuliah : Lanjut/wajib
MK Prasyarat : ----
2.
TUJUAN
Mahasiswa mengetahui dan memahami ahlussunnah waljamaah dan
ajaran-ajaran serta pengaruhnya terhadap kehidupan sosial keagamaan
3.
Deskripsi Isi
Perkuliahan
ini merupakan studi mengenenai ahlussunnah
waljamaah dalam berbagai aspek kehidupan.. Kuliah ini memberikan dasar-dasar
untuk memahami Ahlussunnah wal jamaah, terutama mengenai karakteristik dan
amaliyah Ahlussunnah Wal jamaah dan menawarkan
kepada mahasiswa untuk memahami dan mendalami esensi agama Islam dengan cara
menganalisis isi buku-buku dan juga menggunakan penalaran serta pengalaman
empiris dalam melaksanakan perintah Allah dan menghambakan kepada Allah yang
dihubungkan dengan kegiatan nyata dalam sehari-hari dan dapat
mengimplementasikan dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Topik Inti
1.
Konsep
Dasar Ahlussunnah waljamaah
a. Pengertian
b. Sejarah pertumbuhan Aswaja
c. Sumber dasar Ajaran Aswaja
d. Prinsip-prinsip ajaran aswaja
2.
Ajaran
Ahlussunnah waljamaah
a.
Aqidah
-
Rukun Iman
b.
Ibadah
-
Rukun
Islam
c.
Akhlaq
d.
Sosial
Kemasyarakatn
e.
Konsep
Dasar Ahlussunnah waljamaah
3.
Ahlussunah
waljamaah dan firqohnya-firqoh lainnya
4.
Khilafiah
dalam Islam
5.
Perkembangan
Aswaj di Indonesia
5.
Daftar Buku
Referensi :
Drs.
KH.Syamsuddin Anwar, Pendidikan
Ahlussunnah Wal jamaah, Th 2001
Mudzakir Ali, Drs.MA, 2009, Pengantar studi Islam, Semarang : Wahid Hasyim University Press.
Abdul
Mun’im. Aswaja: Dari Teologi sampai
Ideologi Gerakan,Nasrun Rusli, Konsep Ijtihad al-Syaukani, jakarta: Logos.
1999
Abu Zahrah, Imam Muhammad, Tarikh al-Madzahib
al-fiqhiyyah, (kairo: Mathba’ al Madani, t.th)
Asghar Ali Engineer, 2003, Islam dan Teologi
Pembebasan, diterjemahakan dari Islam and Theology, Essays on
leberative elements in Islam, Penterjemah: Agung Prihantoro, Pustaka
Pelajar, Yogyakarta
As-Saukani, 1978, Nail al Author,
Terjemahan A.kadir hasan, Jilid I. Surabaya: Bina Ilmu
As-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, Dar
al-Jail, Beirut, 1995
Budy Munawar Rahman, 2000, Islam Pluralis,
Paramadina, Jakarta
Chairul
Anam, Pertumbuhan dan Perkembangan NU,
Surabaya: Bsisma Satu, 1999
Dale Cannon, 1996, Six Ways of Being Religious
a frame work for comparative studies of
Religion, Wads worth publishing company, California
Danah and Lan Marshall, 2000, Spiritual
Itelligence, the Ultimate Intelligence, Blomms Bury, London
Daud Ali, (et. all ),1996, Islam Untuk Disiplin
Ilmu Hukum, Sosial, dan Politik, Departemen Agama RI, Jakarta
Harun Nasution, 1985, Islam ditinjau dari
berbagai aspeknya Jilid I, Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta
Hasbi Ash-Shiddiqy, 1954, Kuliah Ibadah: ibadah
ditinjau dari segi Hukum dan Hikmah, Jakarta, Bulan Bintang
Ibnu hajar Asqalani, , Bulug al- Maram,
bandung, Al-ma’arif
Muhammad Fu’ad ‘Abd al-Baqi’, al-Mu’jam
al-Mufahras al-alfadz al-Qur’an al-Karim, Dar al-Fikr, Beirut,
1981
Munawair Sadzali, 1995, Kontekstualisasi Ajaran
Islam, IPHI kerjasama Paramadina, Jakarta
Prof. Dr.
Chotibul Umam, Ahlussunnah Wal Jamaah:
Paham dan Aktualisasinya, Jakarta: Sekretariat Jenderal PBNU, 1998
Sumartana, et.all, 1994, Spirituialitas baru:
Agama dan Aspirasai Rakyat, Interfidei, Yogyakarta
Wahbah
Zuhaili, Ushul al-fiqh al-Islami,
Beirut: Dar al Fikr, 1986
Yahya Abu zakariya bin Syaraf An-Nawawy, 1978, Riyadh
Al-Sholihin, (terj Salim Bahreisy) Bandung, Al-Ma’arif
Yusuf Qardhawi,1996, Membumikan Syari’at Islam,
Tejemahan Muhammad Zaki dkk, Dunia Ilmu, Surabaya
SILABUS MATA
KULIAH
- Identitas Mata Kuliah :
Nama Mata
Kuliah : ASWAJA II
Komponen :
MKK
Kode
MK : AIB 203
Jumlah SKS : 2
Semester : II
Program
Studi : Pendidikan Agama
Islam/ PAI
Jenjang : S1
Status Mata
Kuliah : Lanjut/wajib
MK Prasyarat : Aswaja I
- DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan ini merupakan
studi mengenenai ahlussunnah
waljamaah dalam berbagai aspek kehidupan.. Kuliah
ini memberikan dasar-dasar untuk memahami Ahlussunnah wal jamaah, terutama
mengenai karakteristik dan amaliyah Ahlussunnah Wal jamaah dan menawarkan kepada mahasiswa untuk memahami dan
mendalami esensi agama Islam dengan cara menganalisis isi buku-buku dan juga
menggunakan penalaran serta pengalaman empiris dalam melaksanakan perintah
Allah dan menghambakan kepada Allah yang dihubungkan dengan kegiatan nyata
dalam sehari-hari dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu
mengidentifikasi dan mendalami esensi ajaran Aswaja secara
benar berdasarkan prinsip-prinsip syari’ah Islam ala ahlussunnah waljamaah dan
menerapkankannya dalam kehidupan
sehari-hari.
- STRATEGI PEMBELAJARAN
Pelaksanaan pembelajaran
dalam perkuliahan ini akan menggunakan
model Student Center learning (SCL) atau mahasiswa sebagai pusat pembelajar
dengan pendekatan sebagai berikut ; Small group discussion (diskusi kelompok) ,
Role play and simulation (simulasi), Case study, Discovery learning
(mencari,mengumpulkan), Collaborative learning (belajar kelompok), Cooperative
learning, Contextual instruction (ceramah), Project based learning (tugas
makalah) dan Problem based learning (pemecahan masalah).
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kompetensi
Dasar :
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mendalami ajaran Aswaja secara benar berdasarkan prinsip-prinsip syari’ah
Islam ala ahlussunnah waljamaah
Minggu Ke
|
Kemampuan akhir yang diharapkan
|
Bahan Kajian (Materi Ajar)
|
Bentuk Pembelajaran
|
Kriteria Penilaian (Indikator)
|
Bobot Nilai
|
1.
|
Mampu memahami Kontrak perkuliahan,
pengantar teologi Islam
|
Kontrak perkuliahan,
pengantar Aswaja
|
Project based learning
, Contextual instruction,
collaborative learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
2 %
|
2.
|
Mampu menjelaskan Pengertian
dan sejarah ahus Sunah wal Jama’ah
|
Pengertian dan sejarah ahlus Sunah wal Jama’ah
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
2 %
|
3.
|
Mampu menjelaskan Ruang
Lingkup Ahlus Sunah wal Jama’ah
|
Ruang Lingkup Ahlus Sunah wal Jama’ah
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
2 %
|
4.
|
Mampu menjelaskan
Filsafat, teologi Aswaja
|
Filsafat, teologi
Aswaja
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
2 %
|
5.
|
Mampu menjelaskan Fiqih
Aswaja
|
Fiqih Aswaja
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
2 %
|
6.
|
Mampu menjelaskan
Tasawuf, Akhlaq Aswaja
|
Tasawuf, Akhlaq Aswaja
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
2 %
|
7.
|
Mampu menjelaskan Karakteristik
Ahlus Sunah wal Jama’ah: At-Tawasut, Tasamuh, Tawazun, I’tidal
|
Karakteristik Ahlus Sunah wal Jama’ah: At-Tawasut,
Tasamuh, Tawazun, I’tidal
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
2 %
|
8.
|
Mampu menguasai materi
|
Ujian Tengah Semester
|
Test
|
menguasai
|
25 %
|
9.
|
Mampu menjelaskan
Ijtihad dan Taqlid
|
Ijtihad dan Taqlid
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
2 %
|
10
|
Mampu menjelaskan Implementasi Paham Aswaja dalam
berbagai bidang kehidupan
a. Bidang
Ekonomi
b. Bidang
Sosial dan Budaya
c.Bidang
Pendidikan
d.Bidang Politik
|
Implementasi
Paham Aswaja dalam berbagai bidang kehidupan
a. Bidang
Ekonomi
b. Bidang
Sosial dan Budaya
c.Bidang
Pendidikan
d.Bidang Politik
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
3 %
|
11.
|
Mampu menjelaskan Mabadi
khoira ummah Nahdlatul Ulama
|
Mabadi khoira ummah Nahdlatul Ulama
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
3 %
|
12.
|
Mampu menjelaskan Dinamika
NU dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Dinamika NU dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Contextual instruction,
Discovery learning
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan,
|
3 %
|
13.
|
Mampu menjelaskan dan
mempresentasikan Implementasi faham aswaja dalam keprodian
|
Implementasi faham
aswaja dalam ke
keprodian
|
Project based learning
dan Problem based learning.
|
Kelengkapan dan
kebenaran penjelasan, tingkat
komunikatif presentasi
|
15 %
|
14.
|
Mampu menguasai materi
|
Ujian Akhir Semester
|
Test
|
Menguasai
|
40 %
|
|
|
|
|
|
100 %
|
Tabel 1. Unsur Penilaian
Unsur-unsur
|
Prosentase (%)
|
Ujian
Tengah Semester
|
25
|
Ujian
Akhir Semester
|
40
|
Tugas
(Take Home Assigment)
|
15
|
Aktivitas
Diskusi
|
10
|
Kehadiran
|
10
|
Total
|
100
|
Referensi :
Drs.
KH.Syamsuddin Anwar, Pendidikan
Ahlussunnah Wal jamaah, Th 2001
Mudzakir Ali, Drs.MA, 2009, Pengantar studi Islam, Semarang : Wahid Hasyim University Press.
Abdul
Mun’im. Aswaja: Dari Teologi sampai Ideologi
Gerakan,Nasrun Rusli, Konsep Ijtihad al-Syaukani, jakarta: Logos. 1999
Abu Zahrah, Imam Muhammad, Tarikh al-Madzahib
al-fiqhiyyah, (kairo: Mathba’ al Madani, t.th)
Asghar Ali Engineer, 2003, Islam dan Teologi
Pembebasan, diterjemahakan dari Islam and Theology, Essays on
leberative elements in Islam, Penterjemah: Agung Prihantoro, Pustaka
Pelajar, Yogyakarta
As-Saukani, 1978, Nail al Author,
Terjemahan A.kadir hasan, Jilid I. Surabaya: Bina Ilmu
As-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, Dar
al-Jail, Beirut, 1995
Budy Munawar Rahman, 2000, Islam Pluralis,
Paramadina, Jakarta
Chairul
Anam, Pertumbuhan dan Perkembangan NU,
Surabaya: Bsisma Satu, 1999
Dale Cannon, 1996, Six Ways of Being Religious
a frame work for comparative studies of
Religion, Wads worth publishing company, California
Danah and Lan Marshall, 2000, Spiritual
Itelligence, the Ultimate Intelligence, Blomms Bury, London
Daud Ali, (et. all ),1996, Islam Untuk Disiplin
Ilmu Hukum, Sosial, dan Politik, Departemen Agama RI, Jakarta
Harun Nasution, 1985, Islam ditinjau dari
berbagai aspeknya Jilid I, Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta
Hasbi Ash-Shiddiqy, 1954, Kuliah Ibadah: ibadah
ditinjau dari segi Hukum dan Hikmah, Jakarta, Bulan Bintang
Ibnu hajar Asqalani, , Bulug al- Maram,
bandung, Al-ma’arif
Muhammad Fu’ad ‘Abd al-Baqi’, al-Mu’jam
al-Mufahras al-alfadz al-Qur’an al-Karim, Dar al-Fikr, Beirut,
1981
Munawair Sadzali, 1995, Kontekstualisasi Ajaran
Islam, IPHI kerjasama Paramadina, Jakarta
Prof. Dr.
Chotibul Umam, Ahlussunnah Wal Jamaah:
Paham dan Aktualisasinya, Jakarta: Sekretariat Jenderal PBNU, 1998
Sumartana, et.all, 1994, Spirituialitas baru:
Agama dan Aspirasai Rakyat, Interfidei, Yogyakarta
Wahbah
Zuhaili, Ushul al-fiqh al-Islami,
Beirut: Dar al Fikr, 1986
Yahya Abu zakariya bin Syaraf An-Nawawy, 1978, Riyadh
Al-Sholihin, (terj Salim Bahreisy) Bandung, Al-Ma’arif
Yusuf Qardhawi,1996, Membumikan Syari’at Islam,
Tejemahan Muhammad Zaki dkk, Dunia Ilmu, Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar